Universitas Kuwait Buka Beasiswa 2021

Kuwait merupakan salah satu Negara Arab yang terletak di Asia, tepatnya berada di tepi Timur Laut dari ujung Teluk Persia. Negara ini berbatasan dengan Irak di Utara dan Arab Saudi di Selatan. Saat ini populasinya mencapai 4,5 juta jiwa dengan rincian 1,3 juta jiwa warga Negara Kuwait  dan 3,2  juta jiwa merupakan pendatang.

Letak geografisnya berada pada wilayah  gersang, Kuwait memiliki iklim layaknya Negara daerah gurun lainnya. Pada musim panas yang berkisar antara bulan Juli dan Oktober, suhu daerah ini bisa mencapai 50 deratjat Celcius hingga 54 derajat Celcius. Begitupun pada  musim dingin, suhu daerah ini bisa mencapai titik 0 derajat Celcius bahkan mencapai -5 derajat Celcius di daerah gurun.

Negara ini merupakan Negara dengan nilai mata uang tertinggi di dunia. Sistem pemerintahnya berdasarkan  pada Monarki, pada masa pimpinan Nawaf al-Sabah, dibantu oleh Perdana Mentri Sabah Al-Khalid Al-Sabah dan Putra Mahkota Misyal al-Sabah. Dengan luas yang hanya setengah dari Provinsi Jawa Barat, Kuwait merupakan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia. Pengelolaan yang baik dan optimal menjadikan Negara ini mendapat  julukan dengan “Cabe Rawit”.

Selain sektor ekonomi yang tinggi, Negara dengan kilang minyak dunia ini juga merupakan salah satu Negara dengan sistem pendidikan tebaik di dunia. Pemerintahnya sendiri memberikan akses pendidikan gratis yang cukup luas untuk seluruh anak. Sistem pendidikan di Negara ini terdiri empat level, dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Menengah, dan Sekolah Menengah. Pada semua jenjang pendidikan memiliki akses gratis tersendiri. Selain membuka akses beasiswa bagi penduduknya, pemerintah Kuwait saat ini juga membuka kesempatan bagi Mahasiswa Internasional kususnya yang ingin melanjutkan studi Magister dan Doktoralnya untuk menimba ilmu di tanah mereka. Adapun informasi mengenai beasiswa terkait sebagai berikut:

Syarat-syarat pendaftaran Beasiswa untuk jenjang pendidikan Magister(S2) dan Doktoral(S3) bidang Bahasa Arab dan Syariat di Universitas Kuwait.

Berkas yang diminta:

  1. Foto ijazah Sarjana yang menunjukkan kandidat calon Magister  telah berhasil meraih Sarjana gelar Bachelor (Bcl.) ataupun (Lc.) dari kampus resmi.
  2. Foto ijazah Magister  bagi kandidat calon Doktoral.
  3. Nilai kandidat rata-rata calon Doktoral/Magister  tidak kurang dari sangat baik (Jayyid Jiddan).
  4. Transkrip nilai per semester.
  5. Nilai TOEFL atau IELS mencapai 400 poin.
  6. Surat keterangan berbahasa Arab bagi kandidat calon takhasus bidang Bahasa Arab.
  7. Sertifikat penghargaan atau seminar (jika ada)
  8. Akta kelahiran yang dikeluarkan oleh lembaga terkait tempat kelahiran.
  9. Surat kesehatan terbebas dari penyakit menular atau  AIDS, HBSAG, Tuberkolosis, Leprosi yang dibenarkan oleh Kedutaan Luar Negeri.
  10. Mengikuti pemeriksaan kesehatan di Negara Quwait (jika dinyatakan lulus).
  11. Foto paspor yang dapat digunakan lebih dari dua tahun.
  12. Pas foto 6×4 berwarna sebanyak enam lembar dengan latar biru.
  13. Surat rekomendasi dari dosen Universitas calon kandidat magister/doktoral , dengan mencantumkan nama pemberi rekomendasi beserta nomor HP dan e-mail secara jelas. Ditulis atas nama lembaga yang mengeluarkan dengan stempel basah (yang sudah dilegalisir), minimal 2 pengajar. Ditambah surat rekomendari dari kedutaan.

Ketentuaan-ketentuan Berkas:

  1. Seluruh berkas yang diminta harus berbahasa Internasional seperti Bahasa Arab atau Inggris, atau Perancis, apabila berkas tidak dalam bahasa yang disebutkan maka diwajibkan menyertai terjemahannya dalam bahasa yang disebutkan.
  2. Berkas yang dikirimkan tidak terdapat perubahan apapun di kemudian hari.
  3. Peserta tidak dinyatakan lulus sampai pihak Universitas Kuwait mengirimkan buku resmi kuliah.

Penulis: Annas Muttaqin

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *