Usai Dipilih, Pengurus PPIDK Tim-Teng-Ka Gelar Audiensi ke Tokoh dan Instansi Pemerintah

Usai Dipilih, Pengurus PPIDK Tim-Teng-Ka Gelar Audiensi ke Tokoh dan Instansi Pemerintah

Sejak ditetapkan pada Oktober lalu, Kepengurusan Persatuan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan Timur Tengah dan Afrika (PPIDK Tim-Teng-Ka) mengadakan audiensi ke beberapa tokoh dan Instansi Pemerintah di Jakarta beberapa hari lalu.

Acara yang diinisiasi oleh bagian Pusat Administrasi dan Kemitraan (Pusadmit) diwakili langsung oleh Ketua Pusadmit, Reza Rabbani, anggota Pusadmit, Ismail Faruqi, Ketua bagian Pusat Media (Pusmed), Febi Fahrizal Muchtar.

Acara dibuka dengan pertemuan bersama Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Dr. H. M. Hidayat Nur Wahid, M.A. yang dilakukan secara virtual melalui platform aplikasi Zoom Meeting pada Selasa (10/11/20). Pada pertemuan ini juga dihadiri oleh Koordinator PPIDK Tim-Teng-Ka, Hamzah Lubis, Ketua Simposium Mesir PPIDK Tim-Teng-Ka 2021, Akhmad Zaini Arifin, Ketua PPMI Mesir, Farhan Aziz Wildani, dan beberapa anggota Pusadmit PPIDK Tim-Teng-Ka.

Acara dilanjutkan dengan audiensi ke Kantor Kemnterian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) pada Jum’at (13/11/20). Perwakilan disambut langsung oleh Kepala Sub Bidang (Kasubbid) Kelembagaan Madrasah Kemenag RI, Drs. H. Ihras Shobirin. Melalui Shobirin, Kemenag menyatakan kesiapannya dalam membantu program-program yang diajukan melalui Kemenag RI.

Selain itu, PPIDK Tim-Teng-Ka juga mengadakan silatuhahmi dengan Jaringan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) pada Sabtu (14/11/20). Dari Pengurus Pusat JATTI, hadir Sekretaris Jenderal (Sekjend), H. M. Irawan Taqwa, Lc. M.M. dan Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjend), Pangeran Arsyad Ihsanulhaq, Lc. Beberapa bentuk kerja sama disambut baik oleh JATTI yang akan dilakukan antara PPIDK Tim-Teng-Ka dengan JATTI yang berada di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan silaturahim dengan Menteri Agama periode 2014-2019, Lukman Hakim Saifuddin pada Senin (16/11/20) di rumahnya yang terletak di Ragunan, Jakarta Selatan. Beliau menyampaikan beberapa pengarahan terkait topik “Moderasi Dalam Beragama” dan memberikan beberapa buku yang diterbitkan oleh Kemenag RI pada masa jabatannya. 

Pada Selasa (17/11/20), diadakan juga audiensi ke salah satu Lembaga Kemanusiaan, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pusat di Menara 165, Jakarta Selatan. Dari pertemuan tersebut, PPIDK Tim-Teng-Ka mengajukan proposal program kerjasama yang diinisiasi oleh Pusat Gerakan dan Aksi Strategis (Pusgerak). Kerjasama tersebut berupa donasi untuk pengungsi Palestina dan Suriah yang berada di Yordania. Tanggapan positif lainnya diterima baik oleh ACT berupa kerjasama program kemanusiaan dan pelatihan relawan bagi mahasiswa di PPDIK Tim-Teng-Ka.

PPIDK Tim-Teng-Ka juga menjalin silaturahmi dengan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, Dr. Ahmad Luthfi Fathullah pada Selasa (17/11/20) di Masjid Baitul Mughni di Kuningan, Jakarta Selatan.

Melaluinya, PPIDK Tim-Teng-Ka dihubungkan langsung dengan BAZNAS Pusat untuk melakukan audiensi secara virtual pada Kamis (19/11/20). Audiensi yang dilakukan melalui aplikasi Zoom Meeting ini dihadiri oleh Direktur Utama BAZNAS, Arifin Purwakananta, Kepala Pusat Kajian Strategis, Dr. Hasbi Zaenal, dan Tim Lembaga Beasiswa BAZNAS, Fadhil. Dari pihak PPIDK Tim-Teng-Ka dihadiri langsung oleh Koordinator, Hamzah Assuudy Lubis, Wakil Koordinator, Zaky Azhar al-Fahmi dan setiap Ketua PPI Negara Kawasan Tim-Teng-Ka.

Puncaknya, pada Jumat (20/11/20) November, perwakilan PPDIK Tim-Teng-Ka  melakukan kunjungan dengan Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) sekaligus Ketua Pembangunan Museum Rasulullah SAW, Komjen Pol. (Purn) H. di kantornya yang terletak di Kompleks Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat. Dari pertemuan tersebut, masukan dan saran berhasil dihimpun oleh Pengurus PPIDK Tim-Teng-Ka terkait program dari DMI.

Rentetan audiensi tersebut diharapkan dapat membantu dan mempermudah kepengurusan PPIDK Tim-Teng-Ka periode ini serta dapat memberikan kontribusi nyata, baik untuk mahasiswa Tim-Teng-Ka maupun masyarakat di Indonesia kelak. (IF)

Reporter: PUSADMIT

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *