Membangun Cinta Kepada Nabi, PPIDK Timtengka Adakan Khataman Bersama Sekaligus Maulid Rasulullah Saw.

Membangun Cinta Kepada Nabi, PPIDK Timtengka Adakan Khataman Bersama Sekaligus Maulid Rasulullah Saw.

Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia Kawasan (PPIDK) Timur Tengah dan Afrika adakan khataman bersama sekaligus peringatan maulid Nabi Muhammad Saw. Acara ini digelar secara virtual dan diikuti oleh pelajar Indonesia dari mancanegara. Pada kesempatan tersebut panitia pelaksana mengundang Syekh ‘Ala Muhammad Mushtafa Al Azhary, sebagai pembicara utama memperingati hari kelahiran nabi Muhammad Saw.

Acara tersebut diadakan dua hari berturut-turut, dimulai pada Kamis (12/11) dengan agenda membaca Al Quran bersama. Masing-masing peserta mendapat jatah bacaan satu juz, dimulai dari juz satu hingga juz tiga puluh. Memasuki hari puncaknya pada Jumat (13/11), acara dibuka dengan kata-kata sambutan oleh Zaky Azhar Al-Fahmi selaku Wakil Koordinatir PPIDK Timtengka kemudian dilanjutkan dengan acara khataman bersama yang dipimpin oleh Yunus Arrazi. Acara khataman ini menjadi acara lanjutan bacaan Al Quran kemarin. Namun, kali ini para peserta mengkhatamkan Al Quran dengan bersama-sama membaca Surah Ad-Dhuha hingga An-Nas sebagai simbolisnya.

Berikutnya agenda acara diisi dengan pembacan shalawat oleh Khasim Rumaluntur sebelum akhirnya Syekh ‘Ala Muhammad Musthafa Azhary memberikan kajian dan nasehat dalam rangka memperingati maulid Nabi Muhammad Saw. Beliau juga didampingi oleh Ustadz Abdul Haq, Lc. selaku penerjemah dan moderator.

Dalam kajiannya, ulama muda jebolan Al Azhar tersebut  menyampaikan berbagai keutamaan akhlak baginda Rasulullah Saw. dalam bersosial bersama para istri dan sahabat hingga dapat membangun keluarga sekaligus masyarakat yang harmonis dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Beliau juga menekankan bahwa Rasulullah Saw. merupakan sosok teladan yang sempurna dari segala aspek dunia maka sudah selayaknya dijadikan panutan oleh umat manusia, terutama oleh umat Islam.

Setelah penyampaian materi dan nasehat, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan foto bersama dan doa, seraya berharap keberkahan kepada Sang Pencipta. Kendati acara ini diadakan secara virtual, acara berlangsung khitmat dan tertib bahkan para peserta terlihat begitu antusias dalam menyimak dan mengikuti rentetan agenda acara. Pusat Gerakan Aksi Strategis PPDIK Timtengka selaku panitia pelaksana menyampaikan, acara ini diagendakan sebagai bentuk rasa Syukur kepada Allah atas kelahiran baginda Rasulullah Saw sekaligus sebagai bentuk cinta kita sebagai umatnya.

Selain itu acara ini juga diharapkan menjadi penyemangat dan pengingat kepada umat muslim agar senantiasa menjadi muslim  yang berakhlak mulia dan menebar rahmat kepada siapapun sebagaimana dicontohkan oleh baginda Rasulullah Saw.

Reporter: Annas Muttaqin

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *