Seleksi Beasiswa Timur Tengah Kementerian Agama (Kemenag) Tahun 2021

Timur tengah merupakan salah satu destinasi edukasi bagi para pelajar Indonesia. Kebudayaan, tradisi, sejarah serta kajian keislaman adalah daya tarik Timur Tengah bagi para pelajar dunia termasuk Indonesia. Sejak lama Timur Tengah menjadi pesona para pelajar agama tanah air. Secara harfiah kata “Timur Tengah” merujuk pada negara-negara di Asia Barat Daya dan Afrika Utara. Timur tengah merupakan tempat lahir dan berkembangnya agama-agama samawi serta peradaban-peradaban besar dunia. Negara-negara Timur Tengah juga membentuk aliansi yang tergabung dalam OKI (Organisasi Kerjasama Islam) yang didalamnya juga terdapat Indonesia.

Hubungan Indonesia dan Timur Tengah telah terbangun sejak negeri ini belum merdeka. Sedari dulu para pelajar/santri hijrah dan menimba ilmu di Mekkah, Madinah, Mesir dan lain sebagainya. Dukungan politik dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kesamaan visi serta perasaan senasib seperjuangan menjadi landasan Indonesia dan Timur Tengah sebagai partner dalam berbagai hal, tidak terkecuali kerjasama di bidang pendidikan. Tiap tahunnya ada sekitar seribu mahasiswa Indonesia yang berangkat untuk menimba ilmu di Mesir. Mahasiswa Indonesia di Yaman dan Arab Saudi juga berkisar di angka ribuan orang. Belum lagi mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Maroko, Libya, Tunisia, Yordania, Syria, Iran dan sebagainya yang selalu mengalami eskalasi tiap tahunnya.

Setiap tahunnya Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) membuka tes seleksi calon mahasiswa baru Timur Tengah. Seleksi ini akan dilaksanakan di sekitar 15 lokasi di setiap Universitas Islam Negeri (UIN) di Indonesia yang telah ditetapkan oleh Kemenag yang berbasis Computer Based Test (CBT). Karena pandemi dan lain hal, tahun ini akan dibuka untuk dua negara Mesir dan Maroko, adapun prosedur sebagaimana berikut:

Petunjuk Pendaftaran 

Program seleksi calon mahasiswa Indonesia ke Timur Tengah 

(Beasiswa dan non beasiswa program S1) Tahun 2021 

Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam

  1. Akses melalui halaman website Diktis http://diktis.kemenag.go.id 
  2. Halaman depan pendaftaran program seleksi Timur Tengah 2021 http://diktis.kemenag.go.id/timteng12/021 pilih menu pendaftaran untuk memulai registrasi calon peserta. 
  3. Registrasi calon peserta dengan mengisi kolom yang diminta dan pastikan sudah menyiapkan dokumen kelengkapan berbentuk JPG ukuran maksimum 200KB. Pastikan email yang dipakai adalah email pribadi yang aktif karena berbagai informasi penting akan dikirim melalui email peserta. 
  4. Setelah melengkapi pendaftaran dan submit, maka akan muncul ucapan terima kasih, dan informasi Virtual Akun sebagai kode pembayaran. Selesaikan pembayaran setelah H+1 melalui transfer di teller / ATM / internet banking / mobile banking BTN. 
  5. Login untuk akses member pada halaman depan untuk melihat kembali virtual akun, dan upload bukti pembayaran, dan juga untuk cetak kartu peserta. 
  6. Setelah dilakukan verifikasi dan validasi dokumen oleh panitia penyelenggara atau lokasi ujian yang dipilih dan lolos, maka nomor peserta akan bisa diketahui dan kartu ujian bisa dicetak 

Info lengkap, petunjuk teknis dan pengumuman kelulusan dapat dilihat dan diunduh melalui website Diktis http://diktis.kemenag.go.id.


Penulis  : Iskandar 

Editor    : Muhammad Rijal 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *