Program Beasiswa Penuh Program Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya

Hallo sobat PPIDK Timtengka, ada kabar baik nih!! Kampus Kuliah Dakwah Islamiyah di Tripoli Libya membuka penerimaan mahasiswa/i baru untuk jenjang pendidikan strata satu (S1) tahun ajaran 2021-2022. Sebelum kita ikuti info beasiswanya, kita kenalan dulu dong dengan negaranya. Ini sekilas mengenai Tripoli dan Libya, check it out!

Libya merupakan sebuah Negara yang terletak di wilayah Magribi Afrika Utara. Di sebelah Utaranya berbatasan langsung dengan Laut Tengah, dan diapit beberapa negara. Di  Timurnya berbatasan langsung dengan Mesir, di sebelah Tenggara dengan Chad, Niger di sebelah Selatan, dan Aljazair serta Tunisia di sebelah Barat. Libya merupakan negara terbesar keempat di wilayah Afrika menurut luas wilayah. Libya juga merupakan negara dengan lumbung minyak terbesar di Afrika.

Salah satu kota terpenting di Libya adalah Tripoli, dengan sejarah yang panjang, kota ini berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung di sana. Mayoritas masyarakatnya adalah Muslim dengan Persentase 97% dan 3% lainnya dipegang oleh Kristiani. Kendati bermayoritas penduduk Muslim,  di beberapa tempat,  arsitektur Romawi terlihat kental dan menawan, hal ini menjadi salah satu tanda betapa besar dan panjang api peperangan antara bangsa Romawi dan Islam yang saat itu berkecamuk di daerah ini. Belum lagi, keterlibatan kawasan ini  saat perang dunia dua  yang menambah catatan panjang perjalanannya.

Sebagian besar penduduk Libya memiliki keturunan Arab Berber. Penduduknya mencapai 6,4 juta dengan 1,7 juta merupakan pelajar. Pemerintah Negara ini memberikan pendidikan gratis untuk semua warga Negara, hingga diwajibkan sampai tingkat pendidikan menengah. Saat ini Libya juga sedang membuka kesempatan bagi mahasiswa Internasional untuk melanjutkan pendidikan strata satu (S1) di negaranya. Berikut informasi seputar beasiswa yang ditawarkan.

Fakultas yang tersedia:

 Fakultas Dirasat Islamiyah

  • Jurusan Syariah Islamiyah
  • Jurusan Dakwah dan Peradaban

Fakultas Bahasa

  • Jurusan Sastra Arab

Fakultas Ilmu Umum

  • Jurusan Akutansi dan perbankan
  • Jurusan Ekonomi
  • Jurusan Teknik Informatika
  • Jurusan Komputer

Adapun syarat dan ketentuan yang wajib dipenuhi pendaftar adalah:

  1. Calon mahasiswa/i memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dengan hasil minimal –Sangat Baik- (Rata-rata 75).
  2. Calon mahasiswa/i memiliki paspor minimal masih berlaku untuk 4 tahun ke depan.
  3. Umur calon mahasiswa/i tidak lebih dari 23 tahun.
  4. Calon mahasiswa/i memiliki surat keterangan sehat dari dokter, dengan ketentuan bebas penyakit menular khususnya HIV/AIDS dan Hepatitis.
  5. Calon mahasiswa/i belum menikah.

Berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran dan penerimaan:

  1. Surat pernyataan akan mematuhi seluruh peraturan yang diberlakukan kampus jika diterima.
  2. Ijazah Asli dan transkrip nilai SMA atau sederajat yang dilegalisir oleh Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) atau Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).
  3. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan Surat Kelakuan Baik (SKB).
  4. Scan Paspor.
  5. Akta kelahiran.
  6. Surat keterangan sehat yang masih berlaku.
  7. Surat rekomendasi dari lembaga resmi.
  8. Pas foto (disiapkan min 8 lembar ukuran 4×6).

Semua berkas di atas diterjemahkan dalam bahasa Arab oleh penerjemah resmi/tersumpah.

Catatan penting:

  • Hafidz/ah Al-Quran akan diprioritaskan dengan menyertakan surat resmi keterangan bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan hafalan Al-Quran.
  • Diharuskan membawa semua dokumen asli seluruh berkas yang diserahkan ketika pendaftaran, apabila dinyatakan lulus. Jika tidak membawa maka pendaftar dinyatakan gugur.
  • Pada saat mahasiswa/i gagal dalam mengikuti kurikulum kampus, atau tidak memiliki keinginan untuk melanjutkan studinya  atau mengidap penyakit menular di kemudian hari, atau berkas palsu maka resiko pemulangan ditanggung pribadi atau yang merekomendasikannya.
  • Pendaftaran ini meliputi mahasiswa dan mahasiswi
  • Akhir penyerahan dan pengumpulan berkas tanggal 30 April 2021.
  • Berkas pendaftaran dikirim ke email: admission@ui.edu.ly.
  • Untuk informasi lebih lanjut hubungi kontak whatsapp di bawah ini:

+218 921159288

+218 944539968

(Khusus Ikhwan)

+218 944619486

+218 925353163

(Khusus Akhwat)

Penulis: Anas Muttaqin Editor: Muhammad Rijal

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *